Kamis, 25 Februari 2016

WISATA AIR TERJUN / COBAN KABUPATEN PASURUAN

WISATA AIR TERJUN / COBAN KABUPATEN PASURUAN


Foto 1 : Air Terjun Cemoro Gading

Air Terjun Coban Cemoro Gading terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten PasuruanCoban Cemoro merupakan air terjun tertinggi di kawaan Nongkojajar. Air terjun Cemoro Gading. Nampak air yang cukup jernih, bersiaplah untuk merasakan asyiknya naik gunung, Air terjun tepat jatuh d atas bebatuan dan menimbulkan titik-titik air yang segar, Air terjun ini tidak berbahaya sebab air yang jatuh langsung mengenai batu sehingga tidak ada tempat kubangan air yang dalam seperti Coban Wonosari Nongkojajar. Air terjun tertinggi sementara yang ada di nongkojajar, sangat mengasyikkan saat menyaksikan air terjun tepat dari arah depan dan rasakan hempasan titik-titik air mengenai wajah dan tangan anda, sungguh mengesankan, tempat ini sangat sunyi, tidak ada keramaian selain bunyi hempasan air terjun, tempat ini tergolong sulit di jangkau karena selain kita harus mencari tempat penitipan kendaraan, jalan menuju tempat ini sangat jauh, tapi semua rasa capek akan terbayar ketika sampai, saat pertama kali melihat air terjun, keindahan air terjun ini bersifat relatif, tergantung rasa seni masing-masing. 


Foto 2 : Air Terjun Alap - Alap 

Air Terjun Alap alap berada di atas Air Terjun Kakek Bodo Terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak 6 km ke selatan dari Bumi Perkemahan Wanawisata Air Terjun Kakek Bodo dimana masih di sekitar area pegunungan Gunung Arjuno dan Welirang.  Ketinggian air terjun ini sekitar 40 m dengan tiga tingkatan. Debit terjunan air tidaklah besar dan mengalir melewati sela-sela tebing batu.  Di bawah kucuran ini terdapat kolam yang menampung air dengan luas sekitar 60 m2. Nama alap alap diambil dari salah satu jenis burung pemangsa yang menjadi habitat hidup burung yang dikenal sebagai Elang Jawa.  Jalur trekking menuju ke lokasi air terjun sebenarnya tidak terlalu berat. Namun dibutuhkan stamina yang prima serta kewaspadaan ekstra tinggi. Selain jalurnya yang kadang sedikit menyesatkan, kehilangan konsentrasi salah-salah kepala bisa terbentur dahan dan ranting pohon. Atau bahkan kaki terantuk akar tanaman, yang lebih parah lagi salah pijak yang mengakibatkan terpeleset dan jatuh ke dalam jurang. Peringatan keras bagi mereka yang suka bercanda gurau didalam hutan. Belum tersedia fasilitas dan akomodasi.  Hal ini dikarenakan wanawisata ini belum dibuka untuk umum dan jauh dari pemukiman.


Foto 3 : Coban Gumandar 

Air Terjun Gumandar ini cukup unik karena tidak mempunyai aliran sungai untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebingnya, namun langsung masuk ke tanah untuk diserap dan kemudian keluar lagi lewat sumber air disekitar pemukiman penduduk. Tak jauh dari Air Terjun Gumandar terdapat air terjun lain dengan nama Air Terjun Deleg. Keberadaan air terjun ini sekitar 11 km dari Kaliandra, Pusat Pendidikan Alam dan Budaya. Terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak 7 km dari desa terdekat, Dayurejo. Perjalanan ke sana membutuhkan ketahanan fisik.  Dengan bus jurusan Surabaya Malang, turunlah di Sukorejo, daerah di dekat Pandaan. Dari sini naiklah ojek sampai ke sekolah alam Kaliandra dengan ongkos sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000. Bila beruntung mungkin tukang ojek yang nekad akan mengantar sampai batas hutan. Kebanyakan ojek hanya sampai di gerbang sekolah alam (Kaliandra) karena dari situ jalanan berubah menjadi makadam. Alternatif lain dengan menyewa jeep.


Foto 4 : Coban Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berada kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Konon, nama air terjun ini diambil dari mitos seseorang yang bernama Joko Truno, seseorang yang bertapa disekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi ular (Putuk). Untuk sampai ke  lokasi air terjun, biaya tiket masuk untuk ke air terjun Putuk Truno adalah sebesar Rp.10.000 per orang. Untuk anak anak di bawah 10 tahun tidak perlu membayar tiket masuk. Bagi anda yang membawa sepeda motor, anda harus memarkir kendaraan anda dengan retribusi Rp. 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000.

Akses jalan menuju air terjun ini lumayan mudah karena akses jalannya sudah beraspal dan mulus. Letaknya juga sangat mudah ditempuh karena berada tidak jauh dengan jalan raya. Untuk m Akses jalan menuju air terjun ini lumayan mudah karena akses jalannya sudah beraspal dan mulus. Letaknya juga sangat mudah ditempuh karena berada tidak jauh dengan jalan raya. Untuk menuju ke wisata air terjun ini dari arah Surabaya kalian cukup mengikuti arah menuju Malang.  Dari Surabaya-Sidoarjo-Porong-Gempol-Japanan-Prigen. Atau kalian cukup mengikuti petunjuk jalan menuju air terjun Kakek Bodo atau arah ke Tretes agar lebih mudah menuju ke sana. enuju ke wisata air terjun ini dari arah Surabaya kalian cukup mengikuti arah menuju Malang.  Dari Surabaya-Sidoarjo-Porong-Gempol-Japanan-Prigen. Atau kalian cukup mengikuti petunjuk jalan menuju air terjun Kakek Bodo atau arah ke Tretes agar lebih mudah menuju ke sana. Akses jalan menuju air terjun ini lumayan mudah karena akses jalannya sudah beraspal dan mulus. Letaknya juga sangat mudah ditempuh karena berada tidak jauh dengan jalan raya. Untuk menuju ke wisata air terjun ini dari arah Surabaya kalian cukup mengikuti arah menuju Malang.  Dari Surabaya-Sidoarjo-Porong-Gempol-Japanan-Prigen. Atau kalian cukup mengikuti petunjuk jalan menuju air terjun Kakek Bodo atau arah ke Tretes agar lebih Wisata air terjun tersebut sudah dikelola pemerintah sehingga tempatnya pun cukup terawat dan bersih. Air terjunnya indah dan bening. Airnya mengalir deras dan cukup mempesona dengan pemandangan tebing-tebing disekitarnya dan batu-batuan yang bertengger di sana. Ditambah hijau dedauan dan pohon-pohon disana membuat air terjun ini terasa nyaman dan asri. Fasilitas di wisata air terjun ini sudah cukup memadai yaitu adanya warung-warung, toilet dan taman serta tempat berteduh dan bangku-bangku yang bisa kita gunakan untuk bersantai selama berada di sana. 

Agar memudahkan perjalanan wisata, anda bisa menggunakan jasa TRANSBROMO TOUR AND TRAVEL, demi kenyamanan dan kepuasan wisata anda, kami berkomitmen untuk memberikan Pelayanan dan Harga yang terbaik. Untuk lebih jelasnya dapat membuka halaman website resmi kami di : http://transbromo.com/

Email                         :  transbromo@gmail.com
Telp                           :  ( 0343 ) 443535
Sms / Whatsapp        :  (+62) 081216852121 / 085235454589 / 91
Pin BBM                  :   76371e83 / 5716a705 / 54bee35b
Website                     :  www.transbromo.com






8 komentar: